Why does it take so long for me to adapt?

Belum.
Kalo ditanya tinggal di Malang udah nyaman atau belum,
jawabannya belum.


Sebenci-bencinya sama Jakarta, tapi tetap akan selalu kangen dan jatuh cinta sama ambiance nya. Entah gue yang beradaptasi dengan temen-temennya yang terlalu lama, gak punya kendaraan pribadi (dan gak bisa ngendarainnya) jadi semua tempat looks inaccessible, tapi yang jelas, pokoknya di sini, di Malang susah. Baru hari kedua di awal bulan September, pengeluaran gue buat sehari malah sebesar pengeluaran 2 hari. Mau marah rasanya yang tiap liat barang, makanan tepatnya, pengen dibeli. Btw gue baru selssai ospek fakultas kemarin, dan mulai hari Sabtu minggu depan sampai satu semster kedepannya, gue akan selalu ospek jurusan. Doain lulus terus gue cepet beradaptasi juga sama lingkungan di sini dan bertemu temen sejurusan yang bisa dijadiin temen curhat, selayaknya nemu Demit (nama geng, maaf) di SMA dan RJFC di SMP. Serius, ini adaptasi terlama gue dibanding fase-fase gue sekolah sebelumnya.

Kalo boleh ngejabarin apa faktor yang bikin gue lama beradaptasi, pertama, ini kota asing buat gue, gak ada kenalan siapapun kecuali Afina, temen sekosan dan se SMA dan temen-temen SMP gue, yang mana jumlahnya bisa diitung jari, gak nyampe 10, bahkan gak nyampe 5 deh totalnya, termasuk dengan gue. Kedua, bahasa. English is FRIGGIN MUCH EASIER than JAVANESE. Kalo gue boleh sok tau, kayaknya hidup di negara-negara yang mother language nya itu English, gue masih agak lebih betah walaupun gak kebayang akan kangen rumah seperti apa. Di sini aja gue udah kangen rumah mulu. I feel like my tongue is able to speak or even do rap English songs much EASIER than speaking in Javanese. Me being vain as heck. Ketiga, gue ambiance nya sangat cocok untuk yang perlu kedamaian dalam hidup dan belajar, temen sejurusan gue rata-rata pada ngekos deket FISIP, gue yang penting deket pintu masuk umum kampus aja deh :). Keempat, yaudah lah, gue terima jadi aja kalo temen/dosen/senior/siapapun ngomong bahasa Jawa ke gue, siap-siap pasang muka bodoh, berkepala kosong.

Yang bilang makanan di Malang murah-murah, hmm, mm, mm, gak tau sih, tapi gue merasa uang gue cepet ludes di sini. Kalo masalah rasa makanannya gimana, frankly, I'm not a picky eater, more like choose smartly on what to eat karena gak enak kan kalo sakit pas gak ada orang tua. Di sini gue juga merasa belajar menjaga omongan, sikap, dan face expressions karena ehehehehehe di Jakarta muka gue sejutek apapun juga gak ada yang peduli, beda sama di sini. Doain aja akademik gue selalu bagus, jadi BPH organisasi, dan ya pokoknya mau jadi organisator deh kalo gak bisa-bisa banget jadi aktivis. Bye

Comments

Popular Posts